Kamis, 05 November 2009

PEMBERITAAN HUMAN TRAFFICKING (PERDAGANGAN MANUSIA) DALAM SURAT KABAR ELEKTRONIK DI LIMA NEGARA ASEAN

PRAKATA

Bismillahi Rahmaanir Rahiim,
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...

Alhamdulillahi Rabbil Alamin. Akhirnya selesai juga kerja keras demi gelar Magister pada program magister ini. Semoga kesia –siaan tak terdapat pada proses perjalanan beberapa tahun di pascasarjana Universitas Hasanuddin.
Puji syukur pula atas kehadirat Allah swt yang telah meniupkan ruh dan membagi nafs pada kesempurnaan ragawi ini. Tanpanya, tak ada makhluk yang hidup di muka bumi ini. Tak lupa salam dan salawat terkirim untuk Rasulullah SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.
Dalam karya yang dinamakan tesis ini, penulis berupaya mengangkat satu tema sosial yang sampai hari ini masih saja menghantui negara kita dan negara ASEAN secara umum. Gagasan yang melatarbelakangi permasalahan ini diilhami dari keinginan melihat bagaimana media mengcover masalah kejahatan transnasional seperti perdagangan manusia yang sampai hari ini, walaupun telah ada undang –undang yang mengaturnya tetap saja masih menjadi kendala yang besar. Media selalu dianggap sebagai jembatan informasi dan salah satu alat solusi dari suatu peristiwa yang terjadi sehingga diketahui banyak orang. Namun tidak sedikit yang menilai kalau media sering tidak proporsional dan tidak netral. Apalagi, media Asean, walaupun secara teori mereka menganut sistem pers bebas bertanggung jawab, toh pemerintah masing –masing negara masih berlaku otoriter terhadap pemberitaan yang dianggap bisa merugikan dan memperburuk nama negaranya. Namun, akan lebih sahih dan ilmiah jika semua hipotesa di atas mampu dibuktikan secara ilmiah. Untuk itulah penelitian yang seperti penulis buat ini ada.
Banyak kendala yang dihadapi penulis dalam penyusunan tesis ini, namun berkat bantuan berbagai pihak, tesis ini alhamdulillah dapat selesai. Pada kesempatan ini, penulis secara tulus ingin mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada:
1. Direktur Program Pascasarjana, Prof .Dr. dr. Razak Thaha, M.Sc. beserta segenap jajarannya atas layanan maksimal yang telah diberikan selama mengikuti proses perkuliahan sampai akhir.
2. Dr Andi Alimuddin Unde, Msi selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi PPs Unhas, dan tim penguji, atas dukungannya untuk segera menyelesaikan tesis ini.
3. Bapak Prof Dr Mappa Nasrun, MA, sebagai Ketua Konsultan dan ketua Tim Penguji, yang telah mau meluangkan waktunya untuk penulis dalam penyusunan isi tesis secara baik.
4. Bapak Prof Dr Hafied Cangara, MSc, sebagai konsultan dan tim penguji, atas bantuannya kepada penulis untuk merumuskan judul tesis yang tepat, koreksi konstruktif terhadap penyempurnaan tesis ini.
5. Para tim penguji yang lainnya, Dr Jeanny Maria Fatimah, Msi dan Prof Nurul Ilmi Idrus, Ph.D atas waktu dan masukannya untuk tesis ini.
6. Bapak Dr Mansyur Semma, Msi (alm) dan Drs AR Bulaeng MS (alm) atas semangat hidupnya dan dorongan kepada penulis. Semasa hidupnya, beliau berdua selalu menyemangati penulis dengan rajin bertanya mengenai perkembangan tesis penulis.
7. Para Dosen Komunikasi Unhas yang membantu penulis memberikan motivasi dan tak bosan bertanya akan proses tesis penulis; Bapak Drs Mursalim Msi, Drs Muh Farid Emsil Msi, Drs Eddy Soedjono MA, Dr Iqbal Sultan MSi, Alam Febry Sonny Ssos Msi, Dr Muh Akbar MSi, Muliadi Mau MSi, Drs Aswar Hasan MSi, Syamsuddin Azis Phd, Andi Subhan Amir Msi, Drs Abd Gaffar Msi, DR Hasrullah MA, dan Drs Sudirman Karnay, Msi.
8. Bapak Dr S. Sinansari Ecip (KPI) dan Om Abdullah Alamudi (Dewan Pers) yang selalu meluangkan waktunya yang sangat terbatas untuk memberi masukan kepada penulis baik diminta ataupun tidak.
9. Kanda A Hajramurni Ssos dan Pak Endy Bayuni dari the jakartapost dan Pak Bob Iskandar dari CAJ atas waktunya untuk bersedia diwawancarai. Dato’ Kemala dan Mazlan Ismail (Malaysia) atas koneksinya ke NST.com.my. Harwan, Emma, K Nasri dan K Riza untuk kesediaan waktunya menjadi koder dan bantuan lainnya. AndiEmil Imamah atas kiriman bukunya.
10. Keluarga yang memberi support materi dan moril: Ayahanda H Zainal Abidin, Ibunda A Dian Inria SH, (Alm) Andi Muis –yang dari awal menyuruh penulis mengambil S2, (Alm) Yona A Muis, A Yasser Aulia, A Tenri Sanna, dan A Syifa Azzahra.
11. Rekan –rekan mahasiswa angkatan 2005 program studi Ilmu Komunikasi Unhas (spesial buat K Akki), dan juga beberapa senior; Rayudaswati Budi, Citra Rosalyn Anwar, Silahuddin Genda. Terima kasih atas doa dan dukungannya baik materil maupun moril.
12. Peoples around me, yang selalu hadir pada masa sulit dan tidak sulit penulis. Rifa, Suker, Kunil, Innang, Sipit, Peyong, terimakasih sudah menjadi teman sejati yang selalu ada pada saat penulis butuh maupun tidak.
13. Teman –teman, senior, dan junior yang ada di organisasi dan tempat singgah penulis; AJI Makassar, PK Identitas UH, dan KOSMIK UH. Dan teman –teman media yang ada di Makassar.
14. Semua pihak yang tidak sempat (maaf ) disebutkan namanya satu per satu di sini, tanpa mengurangi rasa hormat, penulis haturkan banyak terima kasih atas dukungannya baik langsung maupun tidak langsung.
Tak ada gading yang tak retak. Tak ada manusia yang luput dari kesalahan. Untuk itu, saran dan kritik, tetap penulis harapkan untuk lebih memaksimalkan hasil tesis ini. Terima kasih, semoga tesisi ini memberi manfaat bagi semua pihak.
Makassar, September 2009


A. Fauziah Astrid

Tidak ada komentar: