Kamis, 05 November 2009

Abstrak

ABSTRAK


A Fauziah Astrid. Pemberitaan Human Trafficking (Perdagangan Manusia) dalam Surat Kabar Elektronik di Lima Negara ASEAN (Dibimbing oleh Mappa Nasrun dan Hafied Cangara).

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberian porsi terhadap masalah human trafficking di Asean pada surat kabar elektronik di lima negara Asean, perhatian media online terhadap masalah human trafficking di lima negara Asean, dan peranan media di lima negara Asean terhadap masalah Human Trafficking.
Penelitian ini dilakukan melalui media online yang ada di lima negara Asean selama lebih dari tiga bulan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif analisis isi dan wacana sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif analitis dari hasil analisis isi dan studi pustaka. Teknik pemilihan informasi menggunakan teknik sampling pada media dalam kurun waktu Juli –Desember 2006 yang ditetapkan dan diseleksi berdasarkan kriteria tertentu yang dibuat berdasarkan tujuan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) porsi informasi yang diberikan media online di tiap negara Asean, ternyata jauh lebih besar diberikan oleh TJP dibandingkan dengan media lainnya, bahkan MST memberikan porsi yang paling sedikit , 2) Perhatian media online terhadap masalah human trafficking, juga lebih besar diberikan oleh TJP walaupun untuk beberapa hal ada pengecualian, 3) Peranan media online terhadap masalah human trafficking ini terkait pada porsi dan perhatian serta sistem pers yang mereka anut. Secara umum, TJP lebih banyak menjalankan fungsi dan peranannya sebagai sosial kontrol dan agen perubahan.

Kata Kunci: Berita, Perdagangan Manusia, Suratkabar Elektronik, negara –negara ASEAN, Analisis Wacana, Analisis Isi, Teori Pers, Teori Agenda Setting.

Tidak ada komentar: