Minggu, 04 Maret 2012

Tesco Buka 20.000 Lapangan Pekerjaan Baru

London (AFP/ANTARA) – Perusahaan retail terbesar Inggris, Tesco pada Senin mengumumkan bahwa mereka akan menciptakan 20.000 lapangan pekerjaan baru, dalam dua tahun kedepan, meskipun mereka mengalami hasil penjualan yang buruk pada akhir-akhir ini.


Supermarket raksasa itu akan menciptakan posisi lapangan pekerjaan baru, melalui investasi dalam hal layanan pelanggan, penyegaran kembali pada toko-toko yang telah ada, serta membuka satu toko baru.


Grosir tersebut membukukan penjualan terburuk selama Natal lalu, dan mereka memperingatkan bahwa pertumbuhan keuntungan tahunan mereka akan lebih rendah dari perkiraan pasar, akibat kondisi di rumah maupun di tempat lainnya.


Tesco baru-baru ini terlibat dalam kontroversi, saat para aktivis ditargetkan dalam program pemerintah, dimana para pemuda pengangguran bekerja selama delapan pekan tanpa dibayar untuk perusahaan itu.


Para penentang menuduh Tesco menggunakan sistem kerja paksa, dan grosir tersebut menarik diri dari skema itu, serta memaksa pemerintah untuk memikirkan kembali inisiatif itu.


Tesco menekankan bahwa, pengumuman pada Senin tersebut menunjukkan bahwa mereka fokus untuk memberikan pekerjaan kepada para generasi muda yang saat ini menganggur.


"Selain memberikan anak tangga pertama dalam karir setiap individu, ini akan menjadi langkah besar dalam menanggulangi rekor tingkat pengangguran dari para pemuda," ujar pihak supermarket itu dalam sebuah pernyataan.


Perdana Menteri David Cameron menyebut langkah tersebut sebagai 'sebuah langkah besar dalam perekonomian Inggris'.


"Komitmen mereka untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan kesempatan bagi para anak muda, di tengah-tengah kesulitan ekonomi, merupakan berita yang luar biasa bagi Inggris secara keseluruhan, serta bagi orang-orang yang mereka bantu untuk mendapatkan pekerjaan," tambahnya.


CEO Tesco Inggris, Richard Brasher mengatakan bahwa bisnis utama mereka adalah, untuk memiliki tanggung jawab dalam melangkah kedepan, serta menyediakan lapangan pekerjaan, sebagai langkah mengatasi perekonomian Inggris dari resesi.


Tesco adalah perusahaan swasta terbesar negara tersebut, yang mempekerjakan lebih dari 290.000 karyawan. (ai/ml)

Tidak ada komentar: